Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjarbaru akan melakukan pelaksanaan lapangan Long Form SP2020 pada bulan Agustus-September Tahun 2021. Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, membutuhkan petugas sebanyak 83 orang. Adapun persyaratan dan kualifikasi calon petugas adalah sebagai berikut:
a. Pria/wanita berdomisili di Wilayah Kota Banjarbaru.
b. Diutamakan mitra statistik yang sudah berpengalaman dengan sensus/survei BPS.
c. Diutamakan berpendidikan minimal tamat SMA/sederajat;
d. Diutamakan berumur 18 s.d. 50 tahun;
e. Bersedia bekerja terikat kontrak perjanjian kerja selama bulan Agustus-September 2021;
f. Sehat jasmani dan rohani (termasuk dikatakan sehat jika hasil pemeriksaan Covid-19 dinyatakan negatif);
g. Disiplin dan berkomitmen;
h. Mampu berbahasa Indonesia serta membaca dan menulis huruf latin;
i. Mampu bekerja, baik sebagai petugas pemeriksa (bagi Kortim) atau sebagai petugas pendataan (bagi PPL);
j. Mampu bekerjasama dan berkoordinasi dengan sesama PPL, sesama Kortim, pegawai BPS, dan tokoh masyarakat (RT/RW/Ketua/Pengurus SLS);
k. Mampu berkomunikasi baik dengan masyarakat di wilayah tugasnya;
l. Petugas diutamakan mereka yang tidak berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau tidak memiliki pekerjaan tetap agar dapat fokus melaksanakan kegiatan pendataan long form SP2020 sesuai yang tertuang dalam kontrak kerja;
m. Bersedia mengikuti kegiatan pelatihan petugas pendataan long form SP2020 ;
n. Memiliki/menguasai tablet/smartphone dengan spesifikasi minimal sebagai berikut: .OS Android versi minimal 4.4.2 (KitKat); Ukuran layar minimal 4,5 inch; Processor Quadcore 1,2 GHz; RAM minimal 2GB; dan memori internal minimal tersisa 500 MB; Memiliki fitur kamera dan GPS;.Dapat terkoneksi dengan internet.
o. Bersedia menjalani rapid tes antigen apabila dinyatakan lulus dengan biaya ditanggung oleh BPS Kota Banjarbaru.
Tata cara pendaftaran dan seleksi calon petugas Long Form SP2020 adalah sebagai berikut:
1. Pendaftaran dan seleksi administrasi dilakukan secara online dengan mengisi biodata dan menggunggah berkas persyaratan di link berikut. 2. Dokumen yang harus dilampirkan oleh calon petugas pada saat mendaftarkan diri meliputi:
a. Scan/ foto ijazah pendidikan terakhir;
b. Scan/foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)
c. Pas foto 3x4 dan 4x6 terbaru;
d. Daftar riwayat hidup;
e. Surat pernyataan tempat tinggal;
f. Surat pernyataan memiliki, menguasai, dan dapat menggunakan HP/smartphone;
g. Screenshot spesifikasi gadget yang dimiliki/dikuasai;
h. Form biodata calon petugas
i. Surat lamaran tulis tangan;
Contoh berkas pendaftaran dapat diunduh di link berikut. 3. Tahapan Rekrutmen:
- Seleksi Administrasi: 24 - 29 Juni 2021
- Pengumuman Seleksi Administrasi: 1 Juli 2021
- Pretest Online: 2 Juli 2021
- Pengumuman Hasil Pretest: 3 Juli 2021
- Tes Wawancara : 5 - 6 Juli 2021
- Pengumuman Hasil Akhir: 9 Juli 2021
4. Pendaftaran tidak dipungut biaya.
5. Hasil keputusan seleksi TIDAK dapat diganggu gugat.
6. Petugas yang dinyatakan lulus dalam seleksi TIDAK untuk diangkat sebagai CPNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak Kerja (P3K).